Review headphone MDR ZX-100a

Hi sobat hms, kali ini hms akan me-rivew sebuah headphone kelas entry level dari pabrikan ternama asal Jepang, Sony. Headphone yang akan hms review adalah Sony MDR ZX-110a. Memang headphone ini sudah discontinue. Tapi, headphone penggantinya, MDR ZX-110ap, memiliki spesifikasi dan bentuk yang sama persis. Hanya saja, MDR ZX-110ap sudah dilengkapi dengan mic. Sedangkan, MDR ZX-110a belum dilengkapi mic. Jadi, kalau ada yang sedang mencari review dari MDR ZX-110ap, review ini bisa mewakili dari review MDR ZX110ap karena spesifikasi yang sama.

MDR ZX-110a
MDR ZX-110a

Untuk MDR ZX-110a, hmsmotoblog tebus dengan harga 180ribuan, sedangkan, MDR ZX-110ap berharga 275ribuan di pasaran.

MDR ZX-110a ini adalah headphone kelas entry level yang kualitasnya cukup baik.  Dibalut dengan warna hitam doff di headband dan hitam glossy di cover drivernya membuat headphone ini terlihat tidak murahan. Kualitas kabelnya pun patut diacungi jempol. Kabel berbentuk bulat yang cukup tebal dengan alur garis sepanjang kabel membuat kabelnya kokoh dan tidak mudah kusut. Dibagian jack-nya sendiri sudah dibekali dengan jack model “L” dengan gold-plated sehingga lebih tahan dari oksidasi.

driver berwarna glossy dan headband doff
driver berwarna glossy dan headband doff
kabel dari MDR ZX-110a
kabel dari MDR ZX-110a
jacknya
jacknya “L” dan dilapisi dengan gold plated

Headbandnya sendiri bisa diatur ketinggiannya sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran kepala sobat hms. Kualitas dari earpadnya juga cukup bagus dengan bahan sintetis dan membuat cukup nyama jika dipakai. Namun, dengan penggunaan bahan sintetis, jika di pakai lama bisa membuat panas. Namun, itu terjadi bila penggunaan lebih dari 1 jam. Kualitas peredamannya juga cukup baik walaupun hanya terbuat dari bahan sintetis. Pada bagian driver dari headphone ini, di lengkapip dengan penanda “L” unutuk left, dan “R” untuk right. Sehingga, ini memudahkan penguna agar tidak terbalik dalam penggunaan dari headphone ini.

earpad berbahan sintetis
earpad berbahan sintetis
bisa dilipat agar mudah di bawa
bisa dilipat agar mudah di bawa

Walaupun begitu, dengan penggunaan bahan plastik di bagian headbandnnya, mebuat headphone ini terasa ringkih bila dipegang. Kekurangan lain dari headphone ini, adalah tidak adanya busa pada bagian headbandnya. Hal ini terkadang membuat tidak nyaman dalam penggunaan headphone ini jika terlalu lama.

Mengenai kualitas suara, walaupun belum di burn-in, suara yang dihasilkan cukup baik. Bass dan treble seimbang. Walaupun meenggunakannya dengan volume tinggi, tidak akan membuat kuping terasa pengang. Namun, hmsmotoblog tidak menyarankan penggunaan headphone pada volume yang tinggi.

Overall, headphone ini cukup pantas untuk dibeli, mengingat harga yang cukup murah, walaupun build quality dikorbankan oleh Sony, setidaknya Sony tidak mengorbankan kualitas suara dari headphone ini.

Review ini dibuat berdasarkan penilaian pribadi dari hmsmotoblog dan headphonenya sendiri adalah milik hmsmotoblog pribadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s