Kelinci hewan yang menggemaskan untuk dipelihara

Hai sobat hms, kali ini hms akan membahas salah satu hobby hmsmotoblog, yaitu memelihara hewan, di artikel pertama tentang hewan ini hms akan bahas kelinci nih sob. Si imut pemakan wortel ini ternyata memiliki banyak jenis, ada yang namanya kelinci anggora, fuzzy lop (FL), holand lop (HL), flemish giant, netherland dwarf (ND), hingga rex yang punya bulu sperti satin, nah hms punya yang jenis fuzzy lop nih sob! oh ya hms juga punya nama panggilan buat mereka,untuk sang jantan namanya si chiko, nd yang betina chika.

IMG-20150803-WA0005_wm (2)
Ini dia si Chiko, sedang imut imutnya nih sob
Ini dia si chika, maaf chikanya kucel, karna foto di ambil sesaat setelah chika melahirkan sob
Ini dia si chika, maaf chikanya kucel, karna foto di ambil sesaat setelah chika melahirkan sob

beda dengan ND yang memilki bulu pendek, FL ini memiliki ciri khusus diantaranya bulu yang panjang menjuntai kebawah layaknya anggora, dengan daun telinga yang turun kebawah khas jenis lop.

Kelinci sangat mudah berinteraksi dengan sang empunya sob, kala itu hms meminangnya disaat imut imutnya kelinci, usia 4 bulanan sob, kini kelinci tersebut sudah berusia 2 tahun hehe, oh ya kata dokter hewan langganan hms, kelinci itu bisa di panggil  seperti anjing loh, dulu kelinci sang dokter, tabby namanya ketika dipanggil langsung loncat menghampiri majikannya.

Wah coba si chika and chiko bisa begitu juga XD , memang untuk membuatnya bisa se akrab itu, butuh waktu lebih, kelinci tidak di kurung dikandang,melainkan dibiarkan bebas di rumah, dan juga harus sering sering interaksi dengan orang rumah, kelinci juga bisa di latih agar tidak pup maupun pipis sembarangan. Jelas hms nyerah klo sayartnya seperti itu, waktu hms terbatas banget sob.

anak dari chika dan chiko, minisnite, si bunny ini berumur hampir 2 bulan
anak dari chika dan chiko, minisnite, si bunny ini berumur hampir 2 bulan

Kelinci itu sedang imut imutnya ketika berusia 2  sampai 4 bulanan sob, bentuknya yang mungil membuat siapapun yang melihatnya gemas, nah ini malah sering disalah gunakan oleh pedagang nakal sob, banyak pedagang kelinci yang menjual kelinci kelinci berusia 2 bulan, padahal seharusnya usia segitu sang kelinci masih bergantung dengan induknya, makanya banyak kasus orang beli kelinci imut ini, selang 2 hari langsung mati 😥 . Kelinci baru boleh di sapih (di pisahkan dengan indukan) ketika berumur 3,5 bulan, jadi sobat yang ingin memelihara jangan sampai salah pilih ya

bunny umur 1 bulanan, anak chika and chiko
bunny umur 1 bulanan, anak chika and chiko

masa birahi kelinci jantan tiba ketika berumur 6 bulan, ketika di usia segitu mulai deh si chiko agresif, bahkan sempat jari ini kegigit XD, nah yang betina kalau tidak salah umur 8 bulan baru siap kawin sob, so ketika si chiko 6 bulan mulai deh dia kejar kejaran dengan si chika XD, dan 2 bulan kemudian si chika hamil sob XD, Setelah beberapa bulan, lahirlah bunny bunny imut dari perkawinan mereka

si chiko mensergap si chika di kandang XD
si chiko mensergap si chika di kandang XD
Setelah kejar kejaran nih sob, ciuman mereka XD
Setelah kejar kejaran nih sob, ciuman mereka XD
imut kan... anak mereka XD
imut kan… anak mereka XD

perawatan kelinci sebenarnya mudah saja sob, setiap pagi dikasih pelet khusus kelinci, siangnya kelinci bisa di keluarkan dari kandangnya sob, biar mereka leluasa bergerak, dan sorenya diberi sawi hijau dan juga wortel yang di potong potong, *note : jangan penah ngasih kangkung ke kelinci sob, karena kelinci akan kembung, dan ini membahayakan nyawanya, soalnya dia tidak punya saluran pembuangan gas di pencernaanya, jadi bisa dibayangin kan sob itu kelinci kembung dan gabisa buang kelebihan gas itu. lalu tiap 2 minngu sekali biasanya hms mandikan si kelinci, biar ga kucel, mudah kan sob? ada yang tertarik melihara?

IMG-20150803-WA0003_wm
Bener ga tertarik memelihara? anaknya lucu lho sob hehe

Ada pertanyaan atau opini? silahkan berkomentar sob…

Advertisements

2 thoughts on “Kelinci hewan yang menggemaskan untuk dipelihara

  1. iya om lucu tuh
    babe ane ekstensi kuliah biologi murni
    skripsinya ttg urin kelinci kaitannya fungsi nya sbagai nutrisi prtumbuhan tanaman cabe,
    dan sampe skarang masih miara,
    tapi kayanya klinci di rumah lokalan.
    biasa aja,bulu ga tebel banget bgitu
    manap artikelnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s