Test Ride TVS Apache RTR 200 4v

Halo sobat hmsmotoblog, beberapa waktu yang lalu hmsmotoblog berkesempatan menghadiri acara launching dan test ride jagoan baru dari tvs nih sob yaitu tvs apache 200 4v. secara pricing motor ini akan berduel melawan jagoan jagoan pabrikan jepang yang secara cc masih dibawah apache, seperti apa impresi berkendaranya? yuk simak lebih lanjut!

image

Yap sob setelah melakukan pengenalan produk ke rekan – rekan komunitas, umum serta blogger pada 21 Januari lalu tvs juga mengadakan sesi test ride di sirkuit sentul besar, jumlah kloter yang dipatok tvs adalah 21 kloter dimana setiap kloternya terdiri dari 4 orang, hmsmotoblog kebagian jatah kloter ke 5 nih sob, oh ya setiap kloter di batasi mencoba hanya sebanyak 2 lap, jika semua kloter sudah mencoba dan waktu masih tersisah cukup panjang maka kita boleh melakukan test ride lagi deh sob, bagaimana bentuk fisik dari apache ini? sobat bisa lihat di artikel sebelumnya disini
image

ini adalah kali pertama bagi hmsmotoblog mencicipi motor di sirkuit sentul sob, apache rtr 200 4v sendiri memiliki berat 148 kg dengan seat height 80 cm dan dengan dimensi yang big bike a like, saat dinaiki tvs apache ini terasa sangat pas dengan postur tubuh hmsmotoblog (177 cm/84kg), kaki sedikit jinjit, tapi berat motor ini bagi hms tdak membebani bahkan malah memberikan kesan rigid dan mantap pada motor.

image

next.. masukan kunci dan stater motor.. brrmm suara knalpotnya garang sob!, ngebass serak-serak garing,  tidak seperti motor-motor sekelasnya yang cenderung halusss ga kedengeran hehehe, suara motor ini sukses membuat adrenalin hmsmotoblog terpompa.

setelah diminta untuk mematikan engine dan mendengarkan arahan singkat dari isntruktur, kamipun langsung diberi aba aba untuk menyalakan kembali mesin, yap tarik kopling, masuk ke gear 1 kemudian 3…2…1.. daaan bendera tanda race dimulai mulai berkibar, langsung deh tancap gass sekencang- kencangnya, terbukti akselerasi motor ini memang jempolan, hmsmotoblog sukses wheelie dibuatnya :mrgreen:

speed sampai 30km/h langsung shift gigi 2 daan motor kembali berakselerasi beringas hingga pada kecepatan 50an km/h dan lampu tanda shifting gear menyala motor masuk ke gigi 3, di gear ke 3 ini hmsmotoblog sukses meraih 80an km/h lalu sihfting ke gear 4 teruus melaju, nah di gear ke 4 inilah keunikan apache 200 4v hmsmooblog rasakan, meskipun indikator shifting gear telah menyala dan motor tetap dipaksakan di gear ke 4 raungan mesin apache ini seperti tidak kehabisan nafas dan bahkan speednya terus bertumbuh hingga 101 km/h, di kecepatan setinggi itu pun mesin sebenarnya masih belum meraung kehabisan nafas, yowes lah shifting ke gear 5 speed terus naik dari 117 km/h hingga di akhir lintasan lurus tembus 120km/h wow nafasnya masih panjang, kurang puas hms coba geber kembali di lintasan belakang, sukses tembus 119 km/h dan di lap terakhir hmsmotoblog bisa meraih 121 km/h dengan sisa nafas mesin yang nampaknya masih panjang. wehehe lumayan lah untuk first time nyentul, top speed test rider lainnya bahkan ada yang menyentuh 144 km/h

image

oh ya handling motor ini juga patut di acungi jempol, sasisnya nurut bahkan ketika di ajak rebah pun tidak goyang, sasis dan mesin yang superior ini juga didukung dengan ban berprofil tebal yang lengket di aspal mantap deh! keunggulan ban pirelli ini baru bisa tereksplor ketika lintasan sebagian besar sudah kering, sebelum hmsmotoblog test ride, di sentul hujan ringan sob, dan banyak biker kloter awal-awal yang dibuat bingung karena ban motor ini nampaknya “galau”. yap menurut penuturan beberapa biker kloter awal ban pirelli ini “galau” :mrgreen; karena kondisi pit line yang kering sudah membuat ban panas namun saat masuk ke lintasan yang di guyur hujan suhu ban berubah drastis dan grip berkurang, beruntung saat giliran hmsmotoblog hujan sudah reda dan lintasan sudah mengering

Kesimpulan :

Nampaknya tvs telah berhasil membuat motor yang ciamik dan cukup well balanced antara performa dan kenyamanannya, mesin yang galak di awal namun juga memiliki nafas yang cukup panjang (khas overbore engine) membuatnya cocok di segala daerah, mau dalam kota oke akselerasinya, mau luar kota atau daerah dengan jalan yang lengang dan cenderung panjang-panjang juga oke nafasnya, handlingnya jempolan didukung suspensi kayaba yang sudah tidak usah diragukan lagi kualitasnya, suspensinya di sett secara tepat, rebound tidak berlebihan namun juga tidak terlalu stiff, ditambah lagi dengan ban pirelli berprofil lebar nan lengket di aspal, sebuah paket yang sangat menarik telah  berhasil tvs suguhkan ke konsumen Indonesia, overall dengan segala kelebihannya tvs apache rtr 200 4v rasanya bisa dimasukan ke pertimbangan sobat – sobat yang berencana membeli motor sport untuk harian.

dengan semua kelebihan yang diberikan tvs, jujur ini membuat hmsmotoblog goyah untuk mengganti tunggangan hahaha

 

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Test Ride TVS Apache RTR 200 4v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s