Wisata ke Candi Cetho

Seperti yang hmsmotoblog bilang sebelumnya bahwa hms kini tinggal di kota Solo Jawa Tengah, pertama kali menetap di kota ini hms langsung penasaran dengan tempat-tempat wisatanya serta daerah wisata pendukung lainnya, layaknya Jakarta yang memiliki puncak Bogor sebagai tempat plesir dan sejenak melepas penat, Solo juga memiliki daerah serupa, yap Tawangmangu namanya.

Tawangmangu relatif lebih asri, wisata-wisata di sana juga banyak, tetapi tidak sepadat Puncak Bogor, Puncak Bogor terkenal dengan kebun tehnya yang mempesona, taman bunganya yang sangat indah, kampung arabnya yang emmm dan masih banyak destinasi lainnya yang menarik, sementara itu tawangmangu terkenal dengan wisata wisatanya yang tidak saja berhubungan dengan alam melainkan juga wisata lainnya yang berhubungan dengan sejarah, di Tawangmangu terdapat dua candi yang berdiri kokoh yaitu candi sukuh dan juga candi cetho

Kali ini hmsmotoblog akan membahas keindahan candi cetho serta bagaimana perjalanan menuju tempat tersebut, so check it out deh sob

Perjalanan Menuju Candi Cetho

image

hmsmotoblog memulai perjalanan ini dengan memilih jalan yang relatif sepi dibanding dengan jalur utama menuju tawangmangu, selain mempersingkat waktu, pemilihan jalan ini juga disengaja agar hms dapat lebih menikmati pemandangan cantik di sepanjang jalan tersebut

setelah kurang lebih 20 menit melalui jalan alternatif, hmsmotoblog kini masuk ke jalur utama menuju tawangmangu, rute ini juga tak kalah menarik jika dibanding dengan jalur alternatif, tracknya lurus terus sob tapi ga ngebosenin, karena disepanjang jalan tersuguh pemandangan yang indah, memacu si vika (panggilan si vixion 2009 ane)  dengan kecepatan yang tak lebih dari 80kpj, hsmotoblog benar benar dapat merasakan keindahan demi keindahan track tersebut, what an outstanding trip!  *norak deh haha akibat keseringan ngedekem di rumah ni sob!

Setelah melalui jalanan lurus nan menanjak dan terdapat papan penunjuk arah menuju candi cetho hmsmotoblog kini melalui jalan yang lebih sempit dibanding jalan menuju puncak tawangmangu, jalan boleh kecil, tapi pemandangannya sob beeeeh jauhhh lebih indah lagi!, memasuki perkampungan warga yang juga terdapat villa serta homestay kita disuguhi rumah-rumah yang tertata rapih *ga seperti di jakarta yang untel untelan

setelah melalui pemukiman warga kini jalanan dan track sesungguhnya sudah terpampang di depan mata, tracknya kali ini lebih banyak tanjakan nan berliku, tanjakanya cukup untuk membuat hmsmotoblog merinding, gimana ga merinding nih sob.. tanjakan yang bisa dibilang tidak landai ini dihiasi dengan jurang- jurang yang menganga dengan pembatas yang jarang-jarang. Tapi soal pemandangan sepanjang jalan ga usah diragukan lagi sob, dua kata : indan dan cantik!

kanan- kiri jalan kita disuguhi tanaman pertanian yang bikin sejuk mata, sayur mayur nan segar tentu menggoda tiap biker yang lewat, kalo ga inget waktu pasti hmsmotoblog udah menepi dan foto-foto bareng si vika nih sob hehe..

Setelah melalui daerah pertanian sayur-mayur, kita disuguhi  jalan melalui agrowisata yang sayangnya tutup sob, dah kesorean kali ya.. lanjut deh ternyata sehabis dari agrowisata yang hms lupa namanya :mrgreen: ,kita kembali disuguhi pertanian sayur – mayur di sepanjang jalan.

Nah karena hmsmotoblog datangnya ke sorean maka perjalanan kali ini tidak mulus sob, banyak mobil mobil lmpv jagoan macam avanza bahkan ertiga turun dari candi cetho, akibatnya hmsmotoblog harus mengalah dan berhenti di tengah tengah tanjakan nan curam hmmm.. satu, dua mobil lewat baru hmsmotoblog bisa lanjut jalan, awalnya ga ada kendala sih sob dengan si vika, masuk ke gigi satu, jaga rpm di 8000 dan jalan pelan-pelan, jalanan semakin menanjak hingga tiba tiba ada mobil nongol lagi dari atas, walah alamat susah nanjak ni si vika, oke rem tangan dan kaki sekuat kuatnya sambil nunggu mobil tersebut berlalu (terus terang jalannya sempit sob hanya muat satu motor dan satu mobil dan kalau mau aman ya motor mending berhenti aja sob, nunggu mobil turun), oke setelah mobil turun hms lanjut nanjak lagi sob ini tanjakan sudah yang paling curam,  vika harus mulai dari rpm nol lagi, masuk gigi satu dan gass!! rpm langsung teriak ke 12000 alias mentok sob, mau masuk gigi dua tapi jalanan ga mendukung karena masih banyak mobil yang turun, walah alamat memperkosa vika ni..

setelah tanjakan nan curam yang berhasil dilalui vika dengan gigi satu di rpm 12 ribu :cry:, terdapat kelokan yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, dari kelokan tersebut candi cetho sudah mulai nampak sob, istirahat kurang lebih sepuluh menit, lalu kita tancap gass lagi ke candi cetho, tanjakannya memang tidak securam dengan yang sebelumnya, tapi sob nampaknya si vika sudah kelelahan, nyoba tiga kali nanjak si vika hanya bisa naik beberapa meter, waduh gimana ini? tak kehabisan akal akhirnya boncenger ane suruh turun dan ane coba nanjak sekali lagi, satu dua tiga motor digass daaan… mati. Mulai deh hmsmotoblog bingung, apa yang salah dengan si vika, mungkinkah karena pemerkosaan hingga rpm mentok itu tadi?

Akhirnya kami kembali beristirahat sambil menunggu mesin vika dingin kembali, setelah dingin kami coba sekali lagi untuk nanjak, akhirnya bisa sob si vika berhasil naik dengan cara zig-zag hahaha, nampaknya setelan kopling si vika kurang tepat, setelan awal hmsmotoblog set untuk penggunaan di perkotaan yang enaknya kopling pendek alias sedikit saja kopling dilepas motor jalan, wisatawan yang berhasil mengendarai motornya hingga tepat didepan candi cetho menyarankan agar setelan koplingnya di rubah ke kopling panjang, yang artinya perlu bukaan handle kopling yang lebih lebar agar motor dapat melaju

fyuhh perjalanan yang cukup panjang namun tidak sia sia, tepat ketika kami sampai, matahari sudah mulai tenggelam, sehingga kami bisa menikmati sun set dipegunungan dengan jelas, what a beautyfull vacation!

image

image

image

image

image

image

sekan dulu wisata kali ini, sampai bertemu di artikel wisata lainnya, jika berkenan silahkan sampaikan pendapat kalian di comment, ciao!

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Wisata ke Candi Cetho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s